RSS

Di Mantang, Sistem Organisasi di UPK Mulai Berkembang

11 Dec
Papan Informasi di kantor UPK Mantang. (foto.dok/sesvil,20141208)

Papan Informasi di kantor UPK Mantang. (foto.dok/sesvil,20141208)

Dalam rangka meningkatan penguasaan pelaku tentang pengelolaan media informasi, Spesialis IEC melakukan coacching terhadap ketua,sekretaris dan bendahara UPK, Pendamping Lokal UPK (PL-UPK), Pendamping Lokal (PL) dan Fasilitator Kecamatan Pemberdayaan.

Pertemuan ini berlangsung di kantor UPK, lebih banyak menggunakan metode diskusi dan dialog. Ini sebagai media ekplorasi pengalaman dari kalangan pelaku di kecamatan. Fokus pembahasan lebih kepada diseminasi informasi yang telah dijalankan, baik ditingkat kecamatan maupun di desa.

Media penyebaran komunikasi,informasi dan edukasi yang telah dilakukan berupa pertemuan formal dan informal, papan informasi, papan proyek, prasasti, spanduk, banner,poster, buletin dan surat resmi secara kelembagaan UPK. Belum ada media komunikasi,informasi dan edukasi lain yang dikembangkan di Kecamatan Mantang.

Media virtual seperti facebook, twitter, blog, SMS mapun BBM belum difungsikan secara kelembagaan. Namun, secara personal, beberapa pengurus cukup aktif sebagai pengguna media sosial tersebut. Dari banyak media virtual tersebut, blog dan web termasuk media yang belum familier bagi UPK dan PL.

Secara kelembagaan, UPK telah menggunakan surat sebagai media komunikasi formal dengan relasi kerja. Cukup banyak surat yang sudah diterbitkan. Pada aspek ini, sistem menajemen organisasi berfungsi cukup baik. Tidak banyak UPK berbuat hal serupa dalam menjalankan fungsi kelembagaannya.

Terkait kelengkapan media informasi di kantor, masih banyak yang belum dimiliki UPK Mantang. Alur kegiatan dana bergulir, tugas dan tanggungjawab masing-masing personil UPK dan PL, Nilai-nilai sebagai standar pelayanan terhadap masyarakat dampingan.

Disamping itu. Papan informasi keuangan UPK, kondisinya tidak di-update. Bahannya cukup bagus, hadiah dari Bank Syariah Mandiri. Namun, fungsinya tidak optimal. Menurut Alex Karman, Ketua UPK Mantang, pihak terkendala memperbarui informasi keuangan UPK, karena tulisan pada papan itu tidak bisa dihapus. Bahannya, beda dengan whiteboard yang biasa mereka gunakan.

Hal lain, fokus utama yang menjadi perhatian Spesialis IEC Provinsi Kepri dalam setiap kunjungan lapangan adalah pengelolaan papan informasi program. Alhamdulillah, di kantor UPK Mantang, pengelolaannya cukup baik. Posisi letaknya sangat strategis, berada di depan kantor UPK. Cukup mudah diakses oleh para warga yang ada berkunjung ke kantor UPK maupun kantor camat.

Tata letak isi atau layout sudah dibuat sedemikian rupa, isi informasi yang ditampilkan cukup beragam serta di-update. Dari aspek kelengkapan isi dan format layout, lebih maju dari kecamatan lain yang pernah dikunjungi Spesialis IEC Provinsi Kepri. Namun, petugas yang menempelkan tidak taat dengan layout yang ada. Sehingga tampilan kurang menarik dan kurang teratur. Ada lembar informasi yang ditempelkan di luar batas layout. Hal sederhana, tapi butuh kedisplinan untuk menerapkannya.

Album Foto Kegitan Tahun 2013 di Kantor UPK Mantang (Foto.dok/sesvil, 20141208)

Album Foto Kegitan Tahun 2013 di Kantor UPK Mantang (Foto.dok/sesvil, 20141208)

Fakta ini, sudah dibahas dengan ketua UPK dan FKP. Periode ke depan, kejadian serupa diyakini tidak akan terulang lagi. Ketua UPK dan FKP, berkomitmen untuk menindak lanjutinya, demi terwujudnya media informasi warga yang menarik dan menyenangkan.

Selain itu, UPK juga sepakat akan menggunakan media sosial seprti Facebook sebagai wahana penyebaran informasi program dan kegiatan UPK. Sekaligus untuk mempromosikan hasil karya kelompok SPP se-Kecamatan Mantang.

Tidak hanya itu, layanan SMS juga akan dioptimalkan. Media ini digunakan sebagai penyebar informasi kepada masyarakat dampingan UPK. Untuk tahap awal, isi SMS terkait dengan penyaluran dana bergulir, tunggakan kelompok dan kemajuan kegiatan lain di UPK, demikian beberapa kesepakatan hasil coaching Spesialis IEC RMC-1 Provinsi Kepri terhadap Pengurus UPK dan Pendamping Lokal di Kecamatan Mantang, tanggal 8 Desember 2014.(Sesvil).

 
Leave a comment

Posted by on December 11, 2014 in Berita, Media Informasi

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: