RSS

PNPM-Mandiri Perdesaan Idola Ibu-Ibu Kecamatan Mantang

19 Aug

Perguliran kelompok SPKP merupakan idola dari ibu-ibu di Kecamatan Mantang, apalagi ibu-ibu yang telah merasakan pinjaman tersebut. Pada perguliran IX ini kelompok yang mengikuti sebanyak 11 kelompok, dengan jumlah pinjaman sebanyak Rp. 609.000.000,- Untuk perguliran ini semua desa yang mengikutinya, ada yang 2 kelompok dan ada juga yang 4 kelompok, rata-rata kelompok sudah berpengalaman dalam mengikuti perguliran.

Seperti yang telah diungkapkan ibu cum, beliau menyatakan bahwa pinjaman di PNPM ini sangat mengasikkan tak terasa uang tersebut sudah selesai dikembalikan angsurannya, dikarenakan uang tersebut benar-benar dimanfaatkan untuk usaha bukan untuk berpoya-poya atau membeli sesuatu tidak sesuai dengan kebutuhan usaha.

Untuk penyaluran pada tanggal 17 juli 2014 yang telah dihadiri oleh Fasilitator Keuangan PNPM Kabupaten Bintan, dan beliau mempertegas bahwa didalam PNPM tidak diperbolehkan ada pemotongan sepeserpun dari UPK atau pun oleh pihak lain, dan beliau menyarankan untuk memanfaatkan uang pinjaman tersebut dengan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan usaha bukan keinginan dikarenakan sekarang ini menjelang lebaran banyak keinginan –keinginan yang diinginkan di lebaran nanti, dan juga beliau menjelaskan bahwa uang tersebut bukan THR (tunjangan Hari Raya) tetapi pinjaman yang harus dikembangkan dan dikembalikan di UPK mulai selepas lebaran nanti, hal tersebut disambut baik oleh kelompok yang ada di dalam aula kecamatan tersebut.

Seperti yang telah diungkapkan oleh ibu junaini pulau sirai beliau menyatakan bahwa uang tersebut akan digunakan untuk mengembangkan usaha sembakonya dikarenakan di hari lebaran anak-anak akan banyak belanja diwarungnya, dikarenakan anak-anak tidak berpuasa lagi.

Untuk penyaluran pada hari ini sebanyak Rp. 419 juta, masih ada Rp. 190 juta lagi yang belum disalurkan oleh UPK kecamatan Mantang dan memasukan 3 kelompok untuk daftar tunggu, dikarenakan uang didalam rekening UPK tidak mencukupi untuk disalurkan semuanya dan menunggu bulan depan untuk disalurkan kepada kelompok yang belum disalurkan.

Ibu-ibu merasa gembira sekali dikarenakan proses pinjaman yang dijalankan pada

pnpm perdesaan

Mindoko, Faskab Keuangan didampingi FKP dan Ketua UPK, memberikan penguatan terhadap Pemamfaat Dana Bergulir di Kecamatan Mantang.

perguliran IX ini tidak mencapai 1 bulan prosesnya dan telah disalurkan kepada kelompok, hal ini membuat kelompok lebih bersemangat dalam mengelola pinjaman tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh ibu maria dari kelompok Moza Dendun, beliau sangat bergembira sekali dikarenakan pada menjelang lebaran ini beliau bisa menjualkan pakaian untuk lebaran, baik untuk anak-anak maupun dewasa. (Zulkifli, FKP Kecamatan Mantang, Kabupaten Binan)

 
Leave a comment

Posted by on August 19, 2014 in Kec. Mantang

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: